Memacu Literasi Baca di Kelas

Pojok Baca Kelas 6 SD Inpres 12/79 Cinennung

Pojok Baca Kelas 6 UPT SD Inpres 12/79 Cinennung
Pojok baca memiliki fungsi yang cukup penting dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah. Seperti yang kita tahu, kebiasaan membaca buku dan budaya literasi perlu ditingkatkan, mengingat perkembangan zaman saat ini yang membuat generasi muda malas untuk membaca.

Untuk mendorong mereka nyaman membaca, maka dibuatlah tempat khusus membaca dengan desain pojok baca yang unik dan kreatif, ditambah dengan tulisan yang membangkitkan semangat membaca.
Dengan berbagai tingkatan sekolah, seperti SD, SMP dan SMA menyesuaikan dengan keaadaan murid-murid. tentunya pojok baca untuk pelajar SD lebihr ramai, dihiasi dengan ornamen dan pohon literatur yang menarik perhatian.

Membuat pojok baca juga tidak butuh modal besar. Pojok baca bisa dibuat dengan bahan bahan sederhana, hasil kreatifitas seluruh anggota kelas. Sehingga pembuatan nya juga bisa menjadi momen untuk meningkatkan kebersamaan dan kekompakan antar kelas, juga bersama guru

Adanya ruangan khusus membaca di sudut kelas ini merupakan salah satu program dari pemerintah untuk meningkatkan minat baca siswa. Didalamnya juga disediakan banyak buku buku menarik tentang pengetahuan dan diberikan kreasi dari berbagai hasil kerja siswa

Cara Membuat Pojok Baca Ruangan Kelas
Untuk membuat pojok baca, dibutuhkan kerjama sama antara guru dengan siswa, baik itu dalam aspek desain, pengerjaan pagar, dinding, dan juga aksesoris tambahan yang menambah kesan ramai untuk pojok baca.
Berikut cara yang bisa diterapkan untuk membuat pojok baca yang menarik dan disukai oleh para murid :
Langkah pertama
Buatlah tim untuk pengerjaan pojok baca kali ini, yang terdiri dari tim desain, aksesoris, penyediaan buku, pengerjaan pagar dan peralatan bangku dan alas untuk lantai-nya.

Langkah kedua
Untuk pagar, bisa menggunakan kayu yang dibalut dengan kertas pernak pernik, diberikan tiang yang pada sudut yang sudah ditempelkan di atas pot yang sudah di semen.
Berikan desain terbaik untuk dindingnya, bisa ditempel kertas origami yang sudah dibentuk dengan berbagai desain, membuat pohon literasi, menulis quotes motivasi pendidikan dan sebagainya

Langkah ketiga
Bisa menggunakan beberapa meja dan untuk bangku bisa lesehan. Sediakan rak buku dan yang terpenting adalah pasokan buku yang sudah dipersiapkan. Bisa mendapatkan buku - buku baru dari peminjaman di perpustakaan, membeli baru, atau berasal dari sumbangan siswa

Langkah keempat
Terakhir adalah menjaga kebersihan pojok baca dengan sistem piket. Jadi seluruh siswa mendapatkan tugas masing masing untuk membersihkannya.
Dan yang paling penting adalah untuk meningkatkan minat baca, guru juga harus memberikan tugas membaca dan menyimpulkan materi dalam buku, supaya mereka bisa memanfaatkan waktu luang nya untuk membaca di pojok baca ruangan kelas.

Kesimpulan
Pojok baca dibuat dengan cara sederhana, namun punya dampak yang positif untuk mendorong minat baca para murid. Berikan tugas kepada mereka untuk menyimpulkan buku yang mereka baca.
Kemudian tuliskan di pohon literasi yang sudah dibuat untuk membuat suasana belajar lebih kreatif dan menyenangkan.

Posting Komentar

0 Komentar