Pojok Baca Kelas 6 SD Inpres 12/79 Cinennung
Pojok Baca Kelas 6 UPT SD Inpres 12/79 Cinennung |
Pojok
baca memiliki fungsi yang cukup penting dalam meningkatkan minat baca siswa
sekolah. Seperti yang kita tahu, kebiasaan membaca buku dan budaya literasi
perlu ditingkatkan, mengingat perkembangan zaman saat ini yang membuat generasi
muda malas untuk membaca.
Untuk
mendorong mereka nyaman membaca, maka dibuatlah tempat khusus membaca dengan
desain pojok baca yang unik dan kreatif, ditambah dengan tulisan yang
membangkitkan semangat membaca.
Dengan
berbagai tingkatan sekolah, seperti SD, SMP dan SMA menyesuaikan dengan
keaadaan murid-murid. tentunya pojok baca untuk pelajar SD lebihr ramai,
dihiasi dengan ornamen dan pohon literatur yang menarik perhatian.
Membuat
pojok baca juga tidak butuh modal besar. Pojok baca bisa dibuat dengan bahan
bahan sederhana, hasil kreatifitas seluruh anggota kelas. Sehingga
pembuatan nya juga bisa menjadi momen untuk meningkatkan kebersamaan dan
kekompakan antar kelas, juga bersama guru
Adanya
ruangan khusus membaca di sudut kelas ini merupakan salah satu program dari
pemerintah untuk meningkatkan minat baca siswa. Didalamnya
juga disediakan banyak buku buku menarik tentang pengetahuan dan diberikan
kreasi dari berbagai hasil kerja siswa
Cara
Membuat Pojok Baca Ruangan Kelas
Untuk
membuat pojok baca, dibutuhkan kerjama sama antara guru dengan siswa, baik itu
dalam aspek desain, pengerjaan pagar, dinding, dan juga aksesoris tambahan yang
menambah kesan ramai untuk pojok baca.
Berikut
cara yang bisa diterapkan untuk membuat pojok baca yang menarik dan disukai
oleh para murid :
Langkah
pertama
Buatlah
tim untuk pengerjaan pojok baca kali ini, yang terdiri dari tim desain,
aksesoris, penyediaan buku, pengerjaan pagar dan peralatan bangku dan alas
untuk lantai-nya.
Langkah
kedua
Untuk
pagar, bisa menggunakan kayu yang dibalut dengan kertas pernak pernik,
diberikan tiang yang pada sudut yang sudah ditempelkan di atas pot yang sudah
di semen.
Berikan
desain terbaik untuk dindingnya, bisa ditempel kertas origami yang sudah
dibentuk dengan berbagai desain, membuat pohon literasi, menulis quotes
motivasi pendidikan dan sebagainya
Langkah
ketiga
Bisa
menggunakan beberapa meja dan untuk bangku bisa lesehan. Sediakan rak buku dan
yang terpenting adalah pasokan buku yang sudah dipersiapkan. Bisa mendapatkan buku - buku baru dari peminjaman di perpustakaan,
membeli baru, atau berasal dari sumbangan siswa
Langkah
keempat
Terakhir
adalah menjaga kebersihan pojok baca dengan sistem piket. Jadi seluruh siswa
mendapatkan tugas masing masing untuk membersihkannya.
Dan
yang paling penting adalah untuk meningkatkan minat baca, guru juga harus
memberikan tugas membaca dan menyimpulkan materi dalam buku, supaya mereka bisa
memanfaatkan waktu luang nya untuk membaca di pojok baca ruangan kelas.
Kesimpulan
Pojok
baca dibuat dengan cara sederhana, namun punya dampak yang positif untuk
mendorong minat baca para murid. Berikan tugas kepada mereka untuk menyimpulkan
buku yang mereka baca.
Kemudian
tuliskan di pohon literasi yang sudah dibuat untuk membuat suasana belajar
lebih kreatif dan menyenangkan.
0 Komentar