Agenda asrama PPGJ mungkin menjadi hal yang dirindukan, atau mungkin sebaliknya.

Pejuang UP Batch 4 PPGJ UNM 2019

Khusus untuk PPGJ memang disediakan beberapa fasilitas dibandingkan PPG Bersubsidi Pra-Jabatan. Misalnya saja asrama lengkap dengan perlengkapan dasar seperti kasur, lemari, meja belajar, dan kipas angin hingga perlengkapan kamar mandi seperti ember.


Selain itu, mahasiswa PPGJ juga disediakan sarapan, makan siang, dan makan malam. Tahu, tempe, telur dan sayur kol sudah menjadi pemandangan umum di meja makan Unit Pemadam Kelaparan. . Serta perkuliahan di dalam kelaspun (disediakan satu kelas yang hanya diperuntukkan untuk PPGJ diberikan proyektor khusus untuk PPG SM-3T, printer, bahkan dispenser.

Eits, jangan kira mereka hanya terlihat senang-senang saja dan hanya melaksanakan tugas kuliah saja. Beragam agenda asrama serta ketatnya aturan asrama yang dipamongi oleh pihak terkait juga menjadi hal yang patut diperhatikan, nih. Sholat subuh, Apel pagi, belajar dari pagi sampe sore, bahkan malam pun tak luput dari agenda pendalaman materi.

Bahkan kegiatan berkehidupan berasrama juga turut menyita waktu dan tenaga para mahasiswa PPGJ nih. Sebab akhir pekan masih saja berkutat dengan sederet jadwal sebagai seorang mahasiswa PPGJ yang diharuskan tidur di asrama.

Alih-alih mencoba berbuat ulah, Surat Peringatan sudah siap dilayangkan dan berimbas pada digugurkannya mahasiswa terkait dari PPGJ serta mempertanggungjawabkan segala sanksi sebab telah menandatangani kontrak sebelum masuk PPGJ tersebut. Apalagi penilaian berkehidupan berasrama juga menjadi indikator dalam kelulusan PPGJ

Nah, sudah terbayang betapa sibuknya sekian bulan melakoni peran sebagai seorang mahasiswa PPGJ bukan? Jauh dari anak, istri, dan kerabat lainnya. Hal itu terlihat ketika disela waktu sibuk, Mahasiswa PPGJ memanfaatkan waktu mereka untuk berkomunikasi dengan anak dan istri tersayang meskipun hanya lewat sebuah layar kecil yang selalu menjadi teman hidupnya yaitu sebuah ponsel kecil. Mereka bahkan ada yang sambil sembunyi-sembunyi untuk melakukan panggilan video (VC) tuk istri tersayang. Semua saling merindukan. Namun hal tersebut dapat pula menjadi penggalan kehidupan yang berharga jika berhasil disikapi dengan bijak, lho. Misalnya saja dibekali dengan kompetensi menjadi seorang guru profesional hingga terlatih disiplin selama mengikuti tata tertib asrama.

Tugas Workshop PPGJ Siklus 1 Download di Sini

Tugas LKPD Siklus 2 Download di Sini

"Siapa Kita"
"PPGJ Batch 4"
"Lulus 100 %"
"Yakin Bisa"

Posting Komentar

0 Komentar