Metode Pembelajaran yang Cocok Untuk Kurikulum 2013

Sampul Buku Sintaks 45 Metode Pembelajaran


Metode pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran. Sebaik apa pun materi yang disusun, tanpa metode yang baik, niscaya tujuan yang diperoleh tidak akan tercapai secara optimal.

Ibarat menyuguhkan makanan, seenak apapun makanan yang dibuat, jika kemasan, tempat, atau penyajiannya tidak pas, jangankan akan dimakan meliriknya  saja orang enggan.

Untuk melaksanakan proses pembelajaran perlu menentukan metode yang tepat, sehingga dapat  memungkinkan tercapainya tujuan belajar baik segi kognitif, afektif, maupun psikomotor, “Jadi, yang terpenting dalam mengajar bukan upaya guru menyampaikan materi pembelajaran, tetapi bagaimana siswa dapat mempelajari materi pembelajaran sesuai dengan tujuan. Untuk mencapai tujuan tersebut, idealnya seorang guru dituntut memiliki wawasan dan kemampuan untuk melaksanakan tugas secara professional.

Salah satu aspek pengkajian yang membutuhkan perhatian mendalam,agar tujuan pembelajaran  yang dicapai bukan hanya terpusat dalam tataran kognitif, perlu  dikembangkan  metode pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (Paikem). Di sinilah peran penting guru untuk ikut mengenalkan sekaligus sebagai pelaku pengupayaan pengenalan pembelajaran melalui pengajaran yang mudah diterima oleh peserta didik. 

Pembelajaran aktif, inovatif kreatif, efektif dan menyenangkan yang disingkat dengan Paikem, merupakan salah satu metode pembelajaran yang bisa diterapkan oleh para guru, baik ditingkat sekolah dasar maupun menengah.  Kegiatan Pembelajaran  akan mencapai hasil maksimal apabila dilakukan dengan cara mengembangkan kemampuan berfikir kritis, kreatif serta kemampuan untuk dapat memecahkan masalah dan memanfaatkan ruang kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik dan menyenangkan.

Untuk lebih memahami macam-macam metode pembelajaran, download bukunya Di Sini 

Posting Komentar

0 Komentar