DOWNLOAD PROGRAM TAHUNAN DAN PROGRAM SEMESTER K13 SEKOLAH DASAR

Perangkat Pembelajaran menjadi bagian penting yang harus dimiliki oleh guru, seperti Prota dan Promes untuk  jenjang SD/MI k13 Revisi terbaru 2018 yang coba saya bagikan kali ini. Dengan adanya Perangkat pembelajaran proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Perangkat pembelajaran seperti RPP, Silabus, KKM, memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran karena disana materi sudah tersusun secara sistematis. Prota dan Promes Tematik yang coba saya bagikan ini dapat anda jadikan contoh/referensi dalam pembuatan perangkat pembelajaran khususnya untuk Guru kelas  SD/MI tahun pelajaran 2019/2020. 

PROGRAM TAHUNAN
Program Tahunan (Prota) adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Atau dengan kata lain, Prota adalah merupakan program umum tematik terpadu untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru. Program Tahunan tersebut sebagai rencana umum pelaksanaan pembelajaran muatan mata pelajaran setelah diketahui kepastian jumlah jam pelajaran efektif dalam satu tahun. Program tahunan perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, yakni Program Semester, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Setelah kita memahami arti dari Program Tahunan (Prota) ini, selanjutnya kita masuk kepada bahasan tentang hal-hal/ komponen apa saja yang wajib ada dalam hal penyusunan sebuah Prota ini. 

Baiklah, dalam menyusun Program Tahunan (Prota), komponen minimal yang wajib dipenuhi adalah sebagai berikut;
1. Identitas (mata pelajaran, kelas, tahun pelajaran)
2. Format isian ( tema, sub tema, dan alokasi waktu)
3. Langkah Menyusun Prota 

Pada item nomer 3 yakni Langkah Menyusun Prota, ada 4 hal yang harus dilalui/ dipenuhi yakni;
- Mengidentifikasi jumlah kompetensi dasar dan indikator dalam         satu tahun
- Mengidentifikasi keluasan dan kedalaman kompetensi dasar dan       indikator
- Melakukan pemetaan kompetensi dasar untuk setiap semester
- Menentukan alokasi waktu untuk masing-masing kompetensi           dengan memperhatikan pekan efektif

Fungsi Program Tahunan (Prota) dalam kegiatan pendidikan/ pembelajaran:
1. Sebagai pedoman dalam menyusun Promes, program suatu              pelajaran dan juga sebagai persiapan          dalam mengajar                agar lebih rapi dan terorganisir secara lebih matang. 
2. Sebagai pedoman dalam membuat Kaldik.
3. Sebagai acuan dalam rangka optimalisasi, efisiensi dan                    efektivitas penggunaan waktu belajar              efektif yang ada.

PROGRAM SEMESTER
Program Semester (Promes) adalah merupakan penjabaran dari program tahunan yang berisi hal-hal yang ingin dicapai pada semester tersebut. Program semester (Promes) adalah rumusan kegiatan belajar mengajar untuk satu semester yang kegiatannya dibuat berdasarkan pertimbangan alokasi waktu yang tersedia, jumlah pokok bahasan yang ada dalam semester tersebut dan frekuensi ujian yang disesuaikan dengan kalender pendidikan. Promes akan mempermudah guru dalam alokasi waktu mengajarkan materi yang harus dicapai dalam semester tersebut. Atau dengan pengertian lainnya yakni bahwa Program semester adalah merupakan penjabaran dari program tahunan sehingga program semester (Promes) ini tidak bisa disusun sebelum tersusun program tahunan (Prota). Promes berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. 
Nah, kemudian di dalam Promes ini umumnya berisikan hal-hal sebagai berikut di bawah ini;
1. Identitas (satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas/semester,            tahun pelajaran)
2. Format isian (tema, sub tema, pembelajaran ke alokasi waktu,        dan bulan yang terinci per minggu, dan keterangan yang diisi kapan pelaksanaan pembelajaran berlangsung
3. Langkah menyusun Promes.

Pada item nomer 3 tentang langkah menyusun Promes, ada beberapa langkah yang harus dikerjakan, apa sajakah itu? Mari disimak;

- Menginput/ memasukkan KD, topik dan sub topik bahasan dalam     format Promes
- Menetapkan jumlah jam [pada kolom minggu] dan jumlah tatap       muka perminggu untuk setiap mata    pelajaran
- Mengalokasikan waktu sesuai kebutuhan bahasan topik pada             kolom minggu dan bulan
- Membuat catatan/ keterangan untuk bagian-bagian yang                   memerlukan

Fungsi Program Semester (Promes) dalam kegiatan pendidikan/ pembelajaran:
1. Menyederhanakan/ memudahkan tugas seorang guru dalam              pembelajaran selama satu semester. 
2. Sebagai pedoman/ acuan arah kegiatan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diprogramkan. 
3. Sebagai pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi         setiap unsur yang terlibat dalam            kegiatan pembelajaran. 
4. Sebagai pedoman kerja bagi guru sekaligus bagi murid 
5. Sebagai parameter efektivitas dalam suatu proses                              pembelajaran
6. Sebagai bahan penyusunan data agar terjadi keseimbangan              kerja
7. Menghemat waktu, tenaga, alat-alat dan biaya karena                       berlangsungnya program kerja yang efektif dan efisien serta             terukur.

Prota dan Promes  ini  dibuat sesuai dengan Buku Guru dan Guru Siswa Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang dapat bapak dan ibu dewan guru gunakan sebagai administrasi di Tahun Pelajaran 2019-2020. Semoga ini dapat mengobati sahabat-sahabat pendidik yang telah bersabar menunggu Promes kelas VI k13 Revisi 2018.

Prota dan Promes Kelas I     Dapat Di Download Di Sini
Prota dan Promes Kelas II    Dapat Di Download Di Sini
Prota dan Promes Kelas III  Dapat Di Download  Di Sini
Prota dan Promes Kelas IV  Dapat Di Download  Di Sini
Prota dan Promes Kelas V   Dapat Di Download  Di Sini
Prota dan Promes Kelas VI  Dapat Di Download  Di Sini 

Semoga bermanfaat.


Posting Komentar

0 Komentar