MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MURID MELALUI MEDIA MICROSITE


 

Pada pembelajaran IPA materi rotasi dan revolusi bumi, saya melihat murid saya kurang termotivasi dalam belajar. Hal tersebut terlihat dari mereka yang kurang semangat dalam mengikuti instruksi guru untuk membaca materi yang ada di buku teks mereka.Ada beberapa di antara mereka yang kelihatan mengantuk, bermain sendiri, bahkan ada yang sembunyi mengeluarkan ponsel yang mereka punya tanpa menghiraukan guru yang sedang menjelaskan materi pelajaran. Dan ada pula yang bahkan mengganggu temannya yang sedang asyik belajar. 

 

Mendampingi Murid dalam Mengakses Media Microsite


Pada pembelajaran ini, mereka di harapkan memahami materi pelajaran melalui membaca buku teks yang telah dibagikan pada masing-masing murid. Namun kelihatannya mereka kurang senang dengan bahan ajar yang saya gunakan. Mereka kurang fokus dalam mengikuti pelajaran. Motivasi belajar mereka sangat kurang menggunakan media tersebut. Hal tersebut membuat saya resah dan berpikir untuk mengatasi situasi kelas yang terjadi.

 

Untuk mengatasi hal tersebut, saya melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Melakukan tes diagnostik untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar murid.

Dalam tes diagnostik ini saya mengidentifikasi kesukaan mereka yang secara umum terbagi menjadi 2 yaitu membaca dalam bentuk media digital dan menonton.

  • Menyiapkan sarana dan prasarana untuk penggunaan media pembelajaran.

Sarana dan prasarana yang digunakan untuk penggunaak media ini terdiri dari perangkat laptop, ponsel yang di miliki murid, dan proyektor.

  • Merancang media pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid.
    Murid mengakses video pembelajaran dalam microsite

Dengan mempertimbangkan sarana dan prasana yang ada, saya memilih media pembelajaran microsite  untuk memenuhi kesukaan mereka. Dalam media ini, terdapat pilihan materi berupa teks yang menarik dan video pembelajaran. Murid yang memiliki kesukaan membaca, mereka dapat memilih bahan bacaan yang sudah tersedia, dan bagi murid yang memiliki kesukaan menonton, dapat memilih video pembelajaran yang juga terdapat dalam pilihan di media microsite tersebut.

  • Membimbing murid dalam proses pembelajaran.
  • Murid mengakses materi berupa teks yang menarik melalui microsite
    Dalam proses pembelajaran, saya memandu dalam penggunaan perangkat yang digunakan, awalnya terlihat beberapa murid yang masih kewalahan dalam mengakses materi pelajaran. Namun setelah proses pembimbingan, mereka dapat mengakses materi sesuai dengan kesukaannya masing-masing. Dalam langkah ini, murid juga mengerjakan lembar kerja dalam bentuk aplikasi yang tersedia dalam menu microsite tersebut.

  • Melakukan evaluasi dalam bentuk aplikasi.

Setelah proses pembelajaran melalui materi yang mereka akses masing-masing, langkah terakhir adalah menyelesaikan evaluasi melalui microsite.

 

Pembelajaran menggunakan media microsite ini dapat meningkatkan motivasi belajar murid. Murid merasa senang dan semangat dalam belajar karena mereka belajar sesuai dengan kesukaan mereka masing-masing. Hal tersebut berpengaruh terhadap pemahaman mereka yang meningkat, terlihat dari hasil evaluasi yang mereka dapatkan sangat memuaskan bagi saya.

 

Dalam proses pembelajaran, guru harus memahami kebutuhan belajar murid yang beragam sehingga media yang digunakan juga harus beragam untuk memenuhi kebutuhan belajar murid yang berbeda-beda. Dengan media pembelajaran yang sesuai dengan kesukaannya, motivasi belajar murid dapat meningkat. 

 

Penulis 

Syarifuddin, S.Pd., M.Pd.

SD Inpres 12/79 Cinennung Kecamatan Palakka

Kabupaten Bone




Posting Komentar

0 Komentar