TIPS LULUS UP PPGJ

TIPS LULUS UP PPGJ


Tips & Trik Lulus PPG

1. Fokus

Ya, hal pertama yang harus Anda miliki adalah fokus. 

Tanamkan dalam diri Anda bahwa saat ini Anda sedang PPG bukan sedang Traveling. Apalagi bagi Anda yang mendapatkan kuota LPTK yang jauh diseberang Pulau (misalnya saya yang dari Medan dapat di Universitas Negeri Malang). Anda sah-sah saja menempelkan tulisan motivasi di atas kertas HVS, lalu tempelkan di dinding kamar kos dekat pintu, yang otomatis akan Anda baca setiap mau keluar kamar :) Tulisan yang saya tempel di kamar kos saya? "Fokus !!! Lulus UP ! Lulus UKin ! Lulus PPG !!! Aamiin"

Misalnya Anda ingin jalan-jalan atau Traveling ke berbagai obyek Wisata yang ada di daerah kampus boleh-boleh saja, tapi tetap ingat satu kata : FOKUS !

Salah satu bentuk ke-fokusan saya saat PPG adalah selalu hadir sebelum jam Workshop dimulai. Bila Workshop dimulai jam 07.00 maka hampir selalu saya hadir di kelas pukul 06.10, apa yang saya lalukan? Jawabannya ada di tips no.2 

Fokus disini artinya Anda harus memaksimalkan waktu dan pikiran Anda hanya pada PPG


2. Tekun Belajar

Dimulai ketika Daring bahkan, atau saat Workshop, walau kita sudah (merasa) pintar, Anda harus tekun belajar. "Ojo Gampangke" kata kakek saya. 

Walau Anda adalah tentor Bimbel atau Anda langsung Lulus Pretest PPG sekali ujian, ingat! Anda harus tetap belajar!

Salah satu contoh, ketika saya sampai di ruang kelas pukul 06.10, yang saya lakukan adalah membuka Youtube dan belajar soal-soal. Soal apapun itu, karena kita tidak pernah tahu, soal seperti apa yang akan muncul ketika kita UP!!!

 Disela sela kegiatan workshop yang padat, boleh juga Anda mendiskusikan soal-soal HOTS dengan rekan-rekan satu kelas.

Belajar dengan rekan satu kelas akan lebih memperluas pemahaman Anda terhadap soal-soal HOTS!

3. Doa

Jangan pernah sombong dan meninggalkan Tuhan dalam setiap urusan Anda. Sehebat-hebatnya Anda, tidak ada nilainya ketika Tuhan berkehendak lain.

Ingat! Berdoalah padaNya agar Anda diluluskan PPG, dengan catatan, tips 1 dan 2 juga Anda kerjakan.

Mohonlah dengan tulus padaNya. Satu lagi, jangan pelit. Sedekah akan mendatangkan rezeki yang berlipat ganda. Sedekah apakah harus dengan uang? Tidak, bisa dengan barang atau membantu rekan kita yang lain. Kemudahan-kemudahan yang kita berikan pada orang lain akan kembali pada diri kita! Yakinlah!

Mendekatlah pada Tuhan dan berdoalah, tapi jangan pernah Anda tinggalkan Dia setelah Anda lulus PPG!
Semoga Sukses.

Posting Komentar

0 Komentar