PEMANFAATAN PONSEL DALAM PEMBELAJARAN


2018-03-29_14.36.25.jpg
 
            

           Perkembangan teknologi saat ini sangat berpengaruh terhadap berbagai bidang kehidupan. Dalam kehidupan sehari – hari, manusia saat ini sudah menjadikan teknologi sebagai teman hidup yang mampu menawarkan solusi dari berbagai macam permasalahannya. Sikap bijak dalam menggunakan teknologi itu adalah hal yang sangat perlu diperhatikan. Teknologi yang ada saat ini menghadirkan dua sisi yang sangat butuh perhatian. Penggunaan teknologi secara positif mampu membantu pekerjaan manusia, sementara penggunaan yang negatif juga mampu membuat kehidupan manusia menjadi salah dan merugikan diri sendiri maupun orang lain.
            Dalam dunia bisnis, tak jarang seseorang menggunakan media sosial sebagai tempat untuk mempromosikan sesuatu. Itu merupakan bentuk penggunaan teknologi secara positif. Namun, tak mau kalah dari hal tersebut, Hartati, S.Pd., seorang guru di SD Inpres 12/79 Cinennung Kecamatan Palakka menggunakan ponsel sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Hal itu terlihat (Kamis, 29 Maret 2018) seorang guru kelas awal ini pagi-pagi sudah menyiapkan semua perlengkapan mengajarnya, dan kebetulan paha hari tersebut aka nada supervise dari pengawas gugus.
            Memulai pelajarannya dengan menggunakan alat bantu Powerpoint, peserta didik juga terlihat begitu antusias mengikuti materi yang disajikan. Pendekatan Saintifik mampu mengantar peserta didik memahami materi dan melatih kemampuan berpikir kritisnya. Namun di tengah proses pembelajaran berlangsung, ada hal yang terlihat menarik. Sesuatu hal yang baru pun terlihat. Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya dengan mengangkat selembar kertas barcode yang dalam pembelajaran ini disebut dengan “Kartu Plickers”.
            Peserta didik menjawab dengan mengangkat kartu Plickers ini sesuai dengan pilihan jawaban yang dianggapnya benar. Dan sebelumnya, aplikasi ini telah terhubung dengan perangkat PC dan Ponsel yang digunakan guru. Peserta didik dapat langsung mengetahui jawaban mereka; benar atau salah.
            Hal tersebut membuat peserta didik terlihat antusias mengikuti pelajarannya. “Bagi saya, ini sesuatu yang baru, Belum pernah saya lihat sebelumnya, bahkan sampai supervisi terpadu kabupaten” Ungkap Yahya, S.Pd yang ditemui usai kegiatan berlangsung. Dia juga menambahkan bahwa inovasi pembelajaran seperti itu harus terus ditingkatkan, penggunaan teknologi dalam pembelajaran saat ini memang harus kita laksanakan. Memanfaatkan ponsel sebagai alat bantu dalam mengajar merupakan bentuk kreativitas guru. Jangan hanya guru mampu menggunakan ponsel sebagai sosial media seperti facebook, line, BBm,Wa, Telegram, dan Imo. Saat ini sudah banyak aplikasi dalam ponsel yang bias membantu tugas guru dalam mengajar.
            Aplikasi Plickers sebagai salah satu contohnya. Aplikasi ini langsung terhubung dengan jaringan internet yang sudah dipasang sebelumnya pada PC dan Ponsel yang hendak digunakan. Guru jaman now   harus mampu mengikuti perkembangan jaman saat ini. Selamat berkarya, Selamat berinovasi. Salam Guru Nusantara.
Penulis: Syarifuddin, S.Pd., M.Pd.


Posting Komentar

4 Komentar

  1. Kemajuan yang pesat dibidang teknologi, semoga bisa dimanfaatkan oleh rekan guru ke arah yang lebih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin,,, pemanfaatan teknologi yg positif menyentuh semua bidang , tak terkecuali bidang pendidikan yg merupakan ujung tombak kemajuan suatu bangsa....

      Hapus
  2. Mantap brother.. suatu inovasi dan movasi bagi rekan2 guru se nusantara khususx guru yang ada d Kab. Bone.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak,,, Belajar tiada kata terlambat...ayo berkreasi

      Hapus