PERJUANGAN UNTUK MENYANDANG GELAR GURU PROFESIONAL




Guru bersertifikasi kini menjadi sesuatu yang perlu diperjuangkan. Profesi guru adalah sesuatu yang diperhitungkan. Kini guru menjadi profesi setara dengan hakim dan dokter. Untuk bisa praktek, dokter memerlukan sertifikat praktek. Sama halnya guru, kini guru untuk mengajar memerlukan sertifikat pengajar. 
Kata Yang Menyeramkan

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada pasal 10 ayat (1) menyatakan bahwa “Kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi.” Dengan demikian, pendidikan profesi adalah suatu yang sangat diperlukan sebagai seorang guru.

Tidak mudah menjadi seorang guru bersertifikasi. Untuk mendapatkan sertifikat ini perlu melaksanakan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang sebelumnya hanya dikhususkan untuk lulusan SM3T (Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal). Untuk SM3T jenis PPG memiliki istilah pra jabatan dikarenakan lulusan SM3T umurnya adalah freshgraduate yang belum lama memiliki pengalaman mengajar. Tahun 2018 adalah pintu pertama dibukanya PPG Dalam Jabatan teruntuk guru-guru yang telah mengajar dan terdaftar dalam Dapodik (Data Pokok Pendidikan). Alhamdulillah, aku mendapatkan kesempatan ini.

Kesempatan datang tidak hanya ditunggu, tetapi perlu diraih. Untuk mendapatkan kesempatan PPG ini, aku melalui banyak sekali tahapan. Mulai dari pretest dengan soal-soal materi bidang, umum, kepribadian, dan ada soal esay mengenai kewarganegeraan dan kesediaan untuk ditempatkan mengajar diluar daerah. Untuk yang akan pretest, aku sarankan untuk menjawab pertanyaan yang meyakinkan bahwa profesi guru adalah sesuatu yang kamu idamkan dan menerima untuk ditempatkan dimana saja. Untuk materi tes bidang, cukup mudah hanya soal-soal faktual sedangkan untuk materi umum, ada soal-soal matematika tentang deret dan gambar-gambar. Awalnya aku tidak yakin lulus karena ada beberapa soal matematika tidak selesai karena waktu pengerjaan yang sangat singkat. Akan tetapi alhamdulillah lulus karena skor yang mencapai standar. Dalam pengerjaan pretest ini harus serius karena ada teman-teman seperjuangan yang tidak lulus pretest.

Setelah lulus pretest, melangkah pada seleksi administrasi. Isinya adalah pemberkasan seperti fotokopi ijazah yang telah dilegalisir, SKCK yang asli, surat sehat dan Napza, serta SK dari awal mengajar sampai terakhir, dan lain sebagainya. Cermati tahap ini jangan sampai ada berkas yang tertinggal dan harus update tanggal terakhir pengumpulan berkas.

Setelah lulus administrasi, update sergur.id. Di website tersebut akan keluar nama instansi tempat kamu melaksanakan PPG. Aku ditempatkan di Universitas Negeri Makassar. Aku kaget banget waktu membaca penempatan ini karena aku dari Bone yang jauh untuk melaksanakan PPG. Akan tetapi saran dari orang tua, rekat sejawat, dan pejabat sekolah untuk mengambil kesempatan ini maka aku semakin yakin untuk mengisi kesediaan untuk PPG. Ternyata, Bone-Makassar itu dekat! Ada peserta PPG yang berasal dari Sidrap, Muna, dan Merauke! Bone gak ada apa-apanya lah! Tetapi aku tau ini sewaktu workshop. Sebelum workshop, harus melalui pembelajaran daring (online). Pembelajaran daring ini berupa modul berisi materi, tugas, tes formatif, tes sumatif, dan komentar dati konten yang diisi oleh dosen. Waktu pengerjaan pembelajaran Daring selama 3 bulan yang terdiri dari pembahasan Pedagogik dan Profesi. Pengalaman aku, studi Matematika dengan konten profesional sebanyak 98 konten. Sangat menyita waktu, sampai aku merasa bersalah selama mengajar kurang all out. Aku memeroleh banyak sekali ilmu tentang mengajar selama daring.

Pembelajaran Daring harus semua konten terisi. Penilaian pun akan segera terlihat di notifikasi brightspace. Kamu wajib mengisi profil di laman tersebut, terutama nomor Hp yang terhubung dengan whatsapp. Ini dikarenakan nanti dari helpdesk/admin atau teman yang akan membuatkan grup komunikasi antar peserta ppg dan dosen. Jika belum ada pemberitahuan grup, tetap mengerjakan konten yang ada karena bisa jadi pemberitahuan mendadak 115 konten harus selesai dalam waktu 1 minggu. Mencicil tugas adalah langkah yang sangat bijak. Jaga kesehatan dan jangan lupa refreshing karena sangat menjemukan.


Setelah dinyatakan lulus pembelajaran daring, lanjut ke workshop. Tahap inilah kita akan melihat langsung dan berkenalan dengan rekan PPG yang biasanya hanya dilihat dari layar Hp. Jangan kaget kalau beda sama yang aslinya ya .

Oke, sampai sini dulu ya... nanti akan lanjut part 2 mengenai pembelajaran selama workshop, UP, PPL, dan Ukin. Masih puanjang buanget ceritanya... See you!

Posting Komentar

0 Komentar