TEKHNIK PERKALIAN YANG SUPER MUDAH



TEKHNIK PERKALIAN YANG SUPER MUDAH

Matematika terkadang menjadi momok bagi siswa-siswi kita.Berbicara mengenai Matematika tak pernah lepas dari operasi perkalian.Perkalian merupakan hal yang sangat  penting dalam Matematika. Terkadang ada siswa kitayang merinding kata “perkalian atau Matematika”
Dalam kesempatan ini, saya mencoba berbagi pengalaman untuk mengajarkan perkalian kepada siswa-siswi kita,khususnya siswa – siswi kelas 4, 5 dan 6 atau bahkan tingkat yang ada di atasnya.
Langsung saja disimak caranya :
1.   Misalkan perkalian puluhan 12 X 23.Bilangan 12 terdiri dari angka 1 dan 2. Jadi disini kita cukup membuat garis Horizontal sebanyak 1 dan 2. Sesuai dengan contoh tadi yaitu 12 (1 dan 2)






2.   Langkah pertama selesai, bilangan  12 sudah kita tulis, sekarang bilangan 23. Bilangan 23 terdiri dari angka  dan 3. Jadi kita tinggal membuat garis Vertikal  diatas garis langkah pertama.

 




3.   Jadi hasilnya sekarang seperti ini:



4.   Sekarang tinggal menghitung titip pertemuan garis.

 











             
5.  Gampang bukan...????? tidak perlu menghafal perkalian. Cukup membuat garis saja. Untuk angka 0 (Nol) garisnya putus-putus  - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - . Dan apabila bertemu dengan garis putus-putus  maka dihitung tidak mempunyai titik temu atau Nol.
6.  Selamat mencoba, sampai perkalian berapapun...Moga bermanfaat.... Salam Super....


Posting Komentar

0 Komentar